- Pastikan pipa hisap ketiga pompa sudah penuh air dengan cara mengisi lewat lubang pada pompa atau yang ada di pipa (Hal ini dilakukan bila terjadi ngempos atau kekosongan air pada pipa hisap)
- Tutup gate valve pada jockey pump, electric pump, diesel pump
- Kemudian tekan tombol start untuk pompa jockey
- Sambil mengamati suara pompa, akan berubah menjadi agak kencang itu tandanya sudah mulai ada pressure
- Buka gate valve jockey pump secara perlahan lahan
- Kemudian air akan dipompa menuju seluruh instalasi sambil membuang angin oleh air vent ( jika ada )
- Perhatikan pressure gauge, jarum akan naik .
- Sambil memperhatikan jarum naik, pindah switch jockey pump ke posisi..(auto)
- Pompa jockey akan mati secara otomatis di posisi 8 bar, karena memang setingan Jockey pump ada di 8 bar --- off dan 6 bar --- on
- Kemudian buka gate valve electric pump dan diesel pump perlahan - lahan
- Posisikan selector pada panel electric pump----- AUTO
- Posisikan juga switch diesel pump ----------AUTO
- Kemudian system Hydrant sudah sia pdan stand-by
- Dalam pemakaian system hydrant yang otomatis, panel pompa jockey, panel pompa electric, panel pompa diesel, harus dalam posisi stand-by atau seluruh switch ke -3 pompa harus dalam posisi AUTO dan panel diesel yang menempel pada engine harus – OFF (putar kunci kontak kekiri sampai mentok )
- Ini yang dimaksud dengan Hydrant system yang stand-by
- Kalau dalam keadaan standby terjadi kebakaran, berarti hydrant pilar akan dibuka yang membuat penurunan tekanan sampai 4 atau 5 bar oleh pemakaian hydrant pilar, electric pump akan bekerja lebih dulu karena setingan untuk electric pump adalah 4-5 bar
- Dalam situasi kebakaran yang mana aliran listrik biasanya terputus yang menyebakan electric pump dan jockey tidak dapat bekerja lagi
- Kondisi ini menyebabkan tekanan akan turun terus, ketika penurunan mencapai 2- 3 bar Diesel pump akan bekerja secara otomatis
- Setelah proses pemadaman (pemakaian hydrant pilar) untuk mematikan Diesel pump pindahkan switch keposisi manual kemudian tekan tombol merah yang ada di pintu panel atau tekan tombol ABBORT / EMERGENCY jika terjadi kepanikan. Karena dalam prosedur pompa Diesel dan electric mati secara manual.
- Dan untuk menormalkan kembali kita mulai lagi dari langkah awal item No.1
23. Setelahitu Hydrant system kembali standby dan siap dipergunakan sewaktu-waktu