Mengingat penting nya keberadaan mesin-mesin yang ada di engine room kapal tersebut, maka harus dipastikan keamanan dan kelancaran operasional dengan cara mengantisipasi dan memitigasi kemungkinan-kemungkinan yang bisa mengganggu jalannya operasional mesin. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan pada ruang mesin kapal adalah upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran karena ruang mesin beroperasi secara terus menerus sehingga menghasilkan panas atau bahkan api yang bisa mengancam dan menimbulkan bahaya kebakaran diruang mesin kapal. Pemasangan CO2 Fire suppression System untuk Proteksi Kebakaran Ruang Mesin Kapal sangat penting mengingat resiko kebakaran pada ruang mesin kapal sangat besar.
Pemilihan sistem pemadam kebakaran CO2 Fire Suppression System untuk Engine Room Kapal sangatlah tepat mengingat CO2 system mampu memadamkan api secara efektif pada ruang mesin kapal yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan kebakaran kelas B yaitu jenis kebakaran yang disebabkan oleh bahan bakar cair atau gas yang mudah terbakar. Dengan metode total flooding CO2 fire suppression system, ruang mesin kapal dapat dilindungi dari bahaya kebakaran dengan cara otomatis terutama upaya pencegahan kebakaran dengan adanya sistem peringatan dini kebakaran (fire alarm system) yang terintegrasi dengan CO2 System.
Perencanaan CO2 Fire Suppression System pada Ruang Mesin Kapal
Pekerjaan CO2 fire suppression system pada ruang mesin kapal tentu saja harus diawali dengan desain dan perencanaan yang baik untuk memastikan sistem proteksi kebakaran yang ada pada ruang mesin kapal tersebut bisa efektif mencegah dan memadamkan api jika terjadi bahaya kebakaran. Perencanaan alat pemadam api CO2 system untuk engine room kapal harus mengikuti kaidah-kaidah perencanaan yang baik sesuai dengan peraturan, code & standar yang berlaku baik Nasional maupun Internasional.
Perhitungan jumlah kebutuhan agent pemadam api gas CO2 harus dilakukan secara teliti dan akurat oleh fire engineer dan perusahaan sistem pemadam kebakaran yang berpengalaman, untuk menjamin kesesuaian konsentrasi gas CO2 didalam ruangan mesin jika terjadi gas release / gas discharge. Penentuan letak dan jumlah detektor kebakaran juga menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan sejak fase perencanaan tersebut. Spesifikasi pipa, kabel, konduit dan material instalasi lainnya juga harus dipertimbangkan secara cermat terutama yang berkaitan dengan isu-isu korsifitas diarea kapal. Selain itu, lokasi penempatan tabung-tabung CO2 harus direncanakan dengan baik, dengan mempertimbangkan keamanan, kerapian dan kesesuaian dengan suhu ruangan yang dipersyaratkan.
Pada akhirnya, kegiatan perencanaan sistem pemadam kebakaran pada ruang mesin kapal menggunakan CO2 fire suppression tersebut mampu menghasilkan desain sistem proteksi kebakaran yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan peraturan dan standar yang berlaku. Hasil dari kegiatan perencanaan CO2 fire system pada ruang mesin kapal antara lain:
- Gambar rencana yang terdiri dari gambar layout atau denah penempatan peralatan CO2 fire system, gambar Single Line Diagram CO2 system, gambar Skematik CO2 System, gambar Isometrik dan gambar-gambar detail lainnya jika perlukan.
- Hasil perhitungan (calculation sheet) kebutuhan gas CO2 dan calculation flow CO2 fire suppression system
- Spesifikasi teknis peralatan yang dipersyaratkan
- Bill of Quantity CO2 fire system
- Jadwal dan Urutan Pelaksanaan Pekerjaan Pemasangan CO2 fire suppression system
- Job Safety Analysis (JSA)
- Dokumen-dokumen lain yang diperlukan.
Cara Pemasangan CO2 Fire Suppression System pada Ruang Mesin Kapal
Pemasangan CO2 Fire Suppression system pada ruang mesin kapal dilakukan apabila semua dokumen hasil perencanaan sudah siap dan mendapatkan approval dari pihak-pihak yang terkait seperti konsultan sistem pemadam kebakaran atau dari customer. Langkah-langkah pemasangan CO2 fire suppression system diruang mesin kapal harus disesuaikan dengan kondisi operasional kapal, koordinasi dan partisipasi antara semua pihak yang terkait menjadi kunci keberhasilan pemasangan sistem proteksi kebakaran dengan CO2 system di engine room kapal.
Berikut adalah cara atau langkah-langkah yang biasanya dilakukan pada saat pemasangan CO2 fire suppression system antara lain:
- Produksi atau fabrikasi pipe support yang diperlukan untuk mengikat jalur pipa CO2 pada ruang mesin kapal.
- Produksi atau fabrikasi rak pengikat tabung cylinder CO2 system
- Produksi atau fabrikasi header pipe sebagai penyambung jalur outlet dari semua cylinder CO2 yang akan menuju ke ruang mesin kapal
- Lakukan pengukuran, pemotongan dan persiapan sambungan pipa sesuai dengan gambar dan kondisi lapangan diruang mesin kapal mulai dari jalur outlet cylinder CO2 sampai dengan titik discharge nozzle didalam ruang mesin kapal.
- Jika menggunakan pipa jenis lain selain material Stainless Steel, pengecatan pipa dapat dilakukan sebelum dipasang dijalur pipa CO2 untuk memastikan semua bagian pipa terproteksi dengan baik dari bahaya korosi.
- Lakukan pemasangan pipe support dan instalasi pipa sesuai dengan jalur yang telah ditentukan. Perhatikan sambungan antara pipa dan fitting-fitting agar dipastikan telah kuat dan rapi.
- Pasang discharge nozzle CO2 system pada titik yang telah ditentukan
- Lakukan pemasangan cylinder CO2 sesuai dengan lokasi dan perencanaan.
- Lakukan pemasangan pipa konduit dan instalasi kabel sesuai dengan jalur yang telah ditentukan menuju ketitik sensor atau detektor dan panel kontrol.
- Pasang peralatan pendeteksi dini sesuai dengan jenis dan spesifikasi yang telah ditentukan pada titik-titik yang telah disiapkan kabel instalasi.
- Lakukan pemasangan Master Control Fire Alarm (MCFA) untuk mengendalikan semua peralatan yang ada pada rangkaian CO2 fire suppression system.
- Setelah semua rangkaian CO2 fire system telah selesai dipasang, pastikan kembali untuk dicek secara detail masing-masing jalur instalasi sistem CO2 tersebut agar sesuai dengan standar dan kerapihan.
- Lakukan internal test keseluruhan system oleh kontraktor pelaksana pekerjaan CO2 system sebelum dilakukan test & commissioning bersama dengan para pihak yang terkait.
- Jika internal test sudah dilakukan dan dipastikan CO2 fire suppression system sudah berfungsi sesuai dengan baik, maka tahap selanjutnya adalah melakukan test & commissioning dengan disaksikan oleh pihak-pihak yang terkait.
Kontraktor CO2 Fire Suppression System pada Ruang Mesin Kapal
Apakah Anda sedang mencari Kontraktor yang berpengalaman mengerjakan sistem proteksi kebakaran pada kapal-kapal laut? PT. Global Proteksi Nusantara sudah berpengalaman mengerjakan sistem pemadam kebakaran pada kapal. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menghitung harga CO2 fire suppression system pada ruang mesin, kami siap membantu mulai dari proses desain sampai dengan muncul rencana anggaran biaya yang diperlukan untuk pemasangan CO2 fire system di ruang mesin kapal Anda. Silahkan langsung menghubungi kami di 081317698478, 087701989383 untuk mendapatkan harga pemasangan CO2 Fire Suppression System. Harga pemasangan CO2 Fire Suppression System yang kami tawarkan sangat bersaing, Anda bisa langsung bertanya melalui Telp atau WhatsApp untuk harga terbaik.